Manfaat Urban Farming di Apartemen Baru - Artikel - What's On - Megatown Fatmawati | Harmasland.com

Manfaat Urban Farming di Apartemen Baru

30/07/2018
Harmasland.com, Jakarta Selatan – Hidup di kota-kota besar memiliki banyak keuntungan yang jelas, mulai dari hal yang sudah umum seperti fasilitas mewah seperti restoran bintang 5, kedai kopi generasi modern dengan menu-menu internasional, toko butik dengan fashion dunia terkini, gerai gadget dan laptop canggih, rumah sakit dengan peralatan dan layanan medis lengkap, arena bermain anak yang luas dan aman, serta masih banyak lagi hal serta tempat yang sayang untuk dilewatkan. Tentu keuntungan tinggal di kota masih berlanjut, dengan berbagai peluang bisnis dan kesempatan kerja yang siap untuk menantang anda membangun karir demi masa depan. Hal ini semakin terlihat di kawasan metropolitan seperti di superblock Megatatown Fatmawati, Jakarta Selatan, tempat kawasan apartemen mewah The Aspen Peak Residences garapan Harmasland.

Tuntutan hidup generasi modern yang terus bertambah di masa kini mendorong masyarakat berkreasi di kota-kota besar, dengan segala kemudahan serta kesulitannya masing-masing. Keuntungan hidup di kota salah satunya adalah banyaknya fasilitas seperti yang baru diutarakan, tetapi bagaimana dengan kesulitannya? Sebagian besar orang akan menjawab tingkat polusi yang tinggi, diakibatkan banyaknya bangunan dan sedikitnya jumlah tanaman hijau yang melintasi jalan-jalan dan alun-alun tempat masyarakat generasi modern tinggal. Hali ini semakin diperparah dengan trend masa kini, di mana orang-orang jauh lebih memilih untuk menempati apartemen mewah sebagai tempat tinggal. Ruang apartemen yang sempit dengan ventilasi minim dan tanpa kebun untuk menanam tanaman hijau, makin memperburuk keadaan.



Namun benarkah begitu? Dulu mungkin, tapi sekarang tidak lagi! Kemajuan perkembangan teknologi di zaman modern saat ini membuat apartemen berkembang pesat untuk keperluan urban farming! Anda tahu urban farming? Urban farming adalah kegiatan bercocok tanam di kota, terutama kota besar, hanya dengan lahan seadanya tanpa melakukan prombakan besar pada area tempat tinggal yang modern. Ya, saat ini apartemen, terutama apartemen baru, tidak lagi menjadi ruangan tempat tinggal yang sempit dan tanpa penghijauan. Dengan sistem ventilasi yang semakin canggih dan desain ruangan yang lebih terbuka, siapapun bisa membuat penghijauan di ruang apartemen baru mereka. Cukup dengan memakai teras balkon atau bagian lantai dengan ruang seadanya di dekat jendela, anda bisa menggunakan pot untuk menanam berbagai jenis tanaman. Karena letaknya yang dekat dengan jendela, tanaman akan terkena sinar matahari dan memberikan banyak manfaat pada apartemen baru tempat tinggal anda. Terutama area apartemen mewah The Aspen Peak Residences di superblock Megatown Fatmawati, Jakarta Selatan!

Untuk memulai kegiatan urban farming ini tidaklah sulit; dengan cara-cara yang tepat, berkebun di apartemen mudah diikuti siapa saja. Pertama cukup cari lokasi yang tepat seperti di balkon, sebagaimana disebutkan sebelumnya. Selain menerima cahaya matahari karena sifat tempatnya yang terbuka, ceceran tanah akan berada jauh dari bagian dalam apartemen baru anda dan mengurangi kegiatan bersih-bersih. Selain itu anda juga bisa meletakkan tanaman di kedua sisi, dengan menyisakan bagian tengah kosong sebagai akses berjalan di dalam apartemen. Dinding juga bisa digunakan sebagai lokasi berkebun di apartemen, di mana anda menata beragam tanaman dengan cara vertical farming.



Setelah masalah lokasi sudah beres, langkah mudah selanjutnya adalah memilih metode urban farming yang digunakan. Metode urban farming di zaman generasi modern untuk berkebun di apartemen baru antara lain Vertical Farming, Pot Gardening, dan Square Foot Garden. Vertical Farming mungkin adalah metode urban farming yang paling digemari karena kemudahannya, di mana anda menanam tanaman secara bertumpuk dalam satu garis lurus ke atas, yang bisa menghemat tempat dan mempercepat pertumbuhan tanaman. Metode urban faming lainnya yaitu pot gardening sudah sangat dikenal, yakni menggunakan sejumlah pot tembikar yang diisi tanah agar bisa ditanami tanaman. Terakhir, square footing garden memisahkan tanaman ke sejumlah kotak-kotak kecil agar mudah dirawat dan hemat tempat. Dengan menerapkan metode-metode ini dan memperhatikan jumlah air serta sinar matahari, anda bisa berkebun di apartemen dengan efektif!


Kita sudah selesai membahas langkah-langkah singkat tapi padat untuk memulai kegiatan berkebun di apartemen atau urban farming. Tetapi seperti yang kita perbincangkan di awal artikel ini: apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari menanam tanaman hijau di apartemen, terutama apartemen baru? Manfaat dari tanaman hijau hasil kegiatan berkebun di apartemen ada yang terlihat jelas, ada pula yang tidak. Tetapi yang penting, kegiatan ini paling cocok untuk apartemen baru yang akan atau belum lama anda tinggali. Jika mulai lebih awal, manfaatnya akan semakin terasa. Berikut poin-poin pentingnya!

A. Menjernihkan Udara
Seperti yang sudah semua orang ketahui, tanaman hijau berperan menyerap zat karbondioksida di udara yang mengganggu pernafasan manusia, dan sebagau gantinya mengeluarkan kandungan oksigen yang kita perlukan untuk bernafas. Dengan memiliki aneka tanaman hijau yang anda tanam hasil berkebun di apartemen, udara di dalam apartemen akan terasa nyaman dan segar untuk dihirup. Udara segar yang dihirup setiap hari otomatis membuat seluruh tubuh anda lebih sehat, menghilangkan stress, sekaligus menghindari resiko penyakit. Sangat baik untuk apartemen baru yang akan anda tinggali bersama keluarga untuk bertahun-tahun ke depan!

B. Memperindah Ruangan
Alasan yang sangat sederhana, namun tetap efektif adalah memperindah ruangan. Sebagai generasi modern yang dikelilingi perangkat canggih, kegiatan urban farming atau berkebun di apartemen mampu memberikan sentuhan indah bagi kehidupan sehari-hari. Tanaman hijau apapun yang anda tanam, mulai dari bunga, pohon, kaktus, atau bahkan sayuran santapan sehari-hari, akan membuat ruang apartemen baru anda lebih nyaman dipandang. Alasannya warna-warna cerah dan menenangkan seperti hijau akan bisa berbaur tepat dengan sebagian besar desain apartemen mewah. Selain itu, tanaman anda mampu menarik perhatian tamu dan menjadi topik pembicaraan hangat!



C. Konsumsi Pribadi
Walau mungkin terdengar aneh dan tak biasa, anda bisa menanam sayur mayur di kebun apartemen mewah anda untuk dimakan. Ya, anda bisa menanam wortel, kubis, tomat, dan segala macam tanaman hijau yang cocok ditanam di pot atau tempat tinggi untuk konsumsi keluarga. Selama anda cukup belajar tentang waktu tumbuh serta karakteristik tiap sayuran yang anda tanam, anda bisa melakukan panen dengan sukses untuk menjadi bahan makanan keluarga. Bahkan lebih dari itu: sayuran hasil tanam sendiri cenderung lebih nikmat saat disantap, cocok untuk acara makan sekeluarga!

D. Peluang Bisnis
Bukan rahasia lagi, generasi modern di tahun 2018 ini sudah terbiasa untuk memanfaatkan hal apapun sebagai sumber pemasukan. Urban farming pun tidak terkecuali; tanaman hijau yang anda tanam, entah untuk konsumsi atau hiasan, bisa dijual untuk menambah penghasilan! Memang untuk usaha serius, lebih baik anda melakukan cocok tanam di kebun luas atau rumah kaca daripada berkebun di apartemen pribadi. Tapi bila sudah memiliki pekerjaan namun ingin mencari penghasilan tambahan secara santai, urban farming di apartemen mewah anda bisa menjadi pilihan.

Demikian pembahasan dari kami pihak Harmasland kali ini, tentang manfaat urban farming di apartemen baru. Apartemen mewah The Aspen Peak Residences di superblock Megatown Fatmawati, Jakarta Selatan sangat mendukung kegiatan berkebun di apartemen berkat akses strategis, fasilitas lengkap, dan lingkungan penuh tanaman hijau. Anda berminat untuk pindah ke apartemen baru dari kami dan memulai urban farming? Kunjungi kami pihak Harmasland di superblock Megatown Fatmawati sekarang!